Sabtu, 29 September 2012

Cara Merawat Muka Berjerawat Dalam 5 Langkah

Kini merupakan masalah yang sering terjadi pada kulit wajah lebih tepatnya yaitu jerawat, Maka dari itu kami coba berikan Tips atau Cara Merawat Muka Berjerawat Dalam 5 Langkah yang merupakan langkah baru telah kami dapatkan dari berbagai sumber yang pernah mengalaminya, Dan sebelumnya juga kami telah menyediakan Cara Mengobati Dan Mencegah Timbulnya Jerawat Timbulnya Jerawat yang bisa dijadikan sebagai bahan acuan anda untuk mengatasi jerawat, Dan bagi anda yang tidak ingin adanya bekas jerawat kini Cara Mengatasi Atau Menghilangkan Bekas Jerawat merupakan solusi juga buat anda yang tak ingin adanya bekas jerawat. Nah..Berikut Cara Merawat Muka Berjerawat Dalam 5 Langkah silakan langsung simak dan memprakteknya.

Apa itu Jerawat

Jerawat merupakan kondisi kulit yang meradang akibat serangkaian pemicu. Beberapa faktor pemicu yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah:

Aktivitas hormon. Hormon memengaruhi produktivitas kelenjar minyak. Jika produktivitas kelenjar minyak ini berlebihan, muncul jerawat. Karenanya, tidak heran jika jerawat menjadi bagian kehidupan remaja. Menjelang masa menstruasi, perempuan juga sering mendapat jerawat. Akan tetapi, bukan berarti saat dewasa kita lepas dari jerawat. Siapa pun dan dalam usia berapa pun bisa mendapatkan jerawat.
Pengelupasan kulit mati yang berlebihan akibat dari pemakaian produk kecantikan yang berlebihan.
Adanya bakteri dalam pori-pori bernama propionibacterium acnes (P. acnes). P. acnes menyukai kulit mati dan minyak yang berlebihan. Lingkungan ini membantu P. acnes berproduksi dan membuat kulit merah meradang hingga menyebabkan jerawat.
Kulit yang teriritasi. Akibat tidak cocok dengan produk perawatan, jerawat bisa muncul.
Sensitivitas terhadap makanan atau obat tertentu. Meski jarang terjadi, jerawat bisa menjadi petunjuk kalau kita tidak cocok pada obat atau makanan tertentu.

Bentuk-bentuk Jerawat

Jerawat memiliki banyak bentuk, antara lain:

Jerawat biasa (pimples), iritasi kulit memerah yang ada isinya.
Jerawat nasi (cyst) yang mengandung isi yang keras atau agak keras.
komedo terbuka (blackheads), jerawat dengan bagian atas berwarna hitam.
komeda tertutup (whiteheads), jerawat kecil berwarna putih karena pori-pori kulit yang terhambat

Merawat muka berjerawat

Jika Anda telah mengalami jerawat, jangan panik. Anda tetap bisa merawat muka berjerawat Anda. Coba lakukan tips berikut ini.

Rajin membersihkan wajah. Bersihkan wajah setidaknya dua kali sehari, yaitu saat Anda mandi pagi dan pada malam harinya setelah Anda usai beraktivitas dan hendak berangkat tidur. Gunakan produk yang berbahan dasar air dan tidak mengeringkan wajah. Jika dilakukan secara rutin, usaha merawat muka berjerawat Anda akan berhasil.
Bunuh bakteria penyebab jerawat. Gunakanlah produk yang mengandung sulfur atau benzoyl peroxide. Benzoyl peroxide tersedia di apotek atau toko obat dalam persentase 2,5%, 5%, dan 10%. Mulailah dari yang paling kecil, yaitu 2,5%.
Lakukan pengelupasan kulit mati dengan produk yang mengandung BHA (Beta Hydroxy Acid). Produk ini tersedia dalam formulasi 1% dan 2% Salicylic Acid berbentuk gel atau lotion. Anda juga dapat menggunakan scrub. Akan tetapi, hati-hati karena produk yang kental bisa menyumbat pori-pori. Alih-alih sehat, usaha merawat muka berjerawat Anda terancam gagal.
Perbaiki sel kulit Anda dengan produk yang mengandung tretinoin. Demi keamanan Anda, konsultasikanlah penggunaannya dengan dokter kulit.
Kurangi produksi minyak dengan masker. Untuk merawat muka berjerawat, maskerlah wajah Anda seminggu sekali. Anda dapat menggunakan masker yang tersedia di toko atau membuatnya sendiri.

Untuk merawat muka berjerawat secara maksimal, lakukan langkah-langkah di atas secara teratur dan konsisten. Niscaya jerawat Anda akan cepat hilang.

Jika masalah terus berlanjut, hubungilah dokter kulit. Anda mungkin membutuhkan perawatan laser, obat antibiotik, atau perawatan lainnya yang hanya bisa dilakukan oleh dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar