Selasa, 27 Maret 2012

Mobil Listrik Mahasiswa UI Menuju SEM Asia 2012

emajuan sebuah teknologi saat ini, membuat antusiasisme para mahasiswa teknik Universitas Indonesia (UI) untuk berkarya sambil mengikuti Kompetisi Shell Eco Marathon Asia (SEM) yang akan diadakan di tahun 2012 ini.>"Ini merupakan komitmen kami untuk terus mendorong penggunaan engergi secara efisien, memahami pola konsumsi byang saat ini dapat mengeksplotasi penggunaan energi alternatif. SEM adalah bentuk nyata dari komitmen kami untuk menghadapi tantangan energi masa depan secara bertanggung jawab dan kami juga ingin mengajak institusi lain untuk melakukan hal yang sama," ujar Presiden Direktur dan Country Chairman PT Shell Indonesia, Darwin Silalahi dalam keterangan resminya kepada Ghiboo.com, Rabu (28/3).>Ini kali pertamanya UI menghadirkan kendaraan roda empat listrik yang diberi nama Keris V.4, buah karya Arjuna yang di pimpin Dimas Aji Karisma Cakra. Model Keris V.4 merupakan sebuah penyempurnaan dari Keris V.1 dan V.2 yang pernah berkompetisi di ajang SEM tahun 2010 lalu.>Dari tampilan body model ini terinspirasi dengan sebilah senjata keris, namun dibuat lebih aerodinamis. Alhasil, model tersebut lebih cepat, lebih senyap dan getaran lebih sedikit.>Dari tim Arjuna, pihaknya mengklaim kalau kendaraan ini bisa menempuh jarak 350 km tiap 1kWh energi listrik. Menurut tim UI, biaya yang diperlukan mobil beroda tiga itu untuk menempuh jarak setara Jakarta - Pekalongan itu Rp 1380. Listrik disimpan di baterai Li-ion yang lebih efisien dan ringan.>Dipimpin oleh seorang mahasiswa teknik yang memiliki dua tahun pengalaman dalam SEM, Tim Sadewa mendaftarkan kendaraan yang merupakan evolusi dari model Kalabia tahun lalu. Fitra Didik Nugroho (Teknik Mesin angkatan 2008) mengatakan Kalabia Evo-2 memiliki mesin dan desain yang telah dirubah, namun tetap mempertahankan kehadirannya di kelas Bensin Urban Concept dengan machine injection dilengkapi dengan Engine Control Unit (ECU) yang dapat diprogram. >Sementara itu, tim Nakoela yang dipimpin oleh Fariz Muriyadi (Mekanik Angkatan 2008) menampilkan Keris V.3, yang mengaplikasikan konsep dasar yang sama dalam bodi dan posisi pengemudi dengan Keris tahun lalu, dengan iterasi yang telah memenuhi syarat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar